Darah Para Suhbrasta untuk Kesembuhan Geni Manafe

Matra

Jakarta, inspiras1nusantara, Darah para Subhrasta didonorkan untuk kesembuhan Geni Manafe (35), warga Desa Tualene yang didiagnosa oleh dokter menderita gangguan organ Limpa.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 408/Sbh Mayor Inf Joni Eko dalam rilis tertulisnya di Atambua, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Dijelaskan Joni Eko, Geni Manafe merupakan warga Desa Tualene, Kecamatan Bibiki Utara, Kabupaten (Timor Tengah Utara (TTU), sudah menderita sakit selama tiga minggu dengan keluhan mual, muntah dan susah buang air besar.

“Setelah dilakukan pemeriksaan di RSUD Atambua, ternyata ada gangguan pada organ Limpa dan harus dirawat di RSUD Atambua serta membutuhkan pendonor darah dalam proses perawatannya, “ ujarnya.

Joni Eko menyampaikan, kejadian ini bermula dari kebingungan Karolina (60) untuk mencari pendonor golongan darah B untuk anaknya Geni Manafe yang sedang mengalami gangguan di organ limpanya. Setelah bertanya kepada petugas RSUD Atambua, disarankan untuk datang ke Mako Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif R 408/Sbh.

“Sekitar pukul 07.00 Wita, seorang ibu mendatangi petugas kesehatan Mako Satgas, dengan raut wajah yang panik, ibu tersebut meminta bantuan pendonor golongan darah B sebanyak tiga kantong darah untuk anaknya, “ jelas Joni Eko.

“Serka Agung selaku piket Peleton Kesehatan saat itu langsung melaporkan kepada dokter Satgas dan kemudian dokter Satgas menunjuk tiga personel Satgas yang memiliki golongan darah B untuk berangkat ke Unit Tranfusi Darah (UTD) RSUD Atambua, “ imbuhnya.

Setelah dilakukan pengecekan oleh pihak UTD Atambua tiga orang anggota Satgas Yonif Raider 408/Sbh dinyatakan sehat dan memenuhi syarat untuk melaksanakan tranfusi darah.

“Setetes darah kita bisa sangat berguna bagi saudara kita yang membutuhkan. Seperti yang dialami ibu Karolina saat ini, tiga kantong darah yang dibutuhkan oleh ibu Karolina untuk pengobatan anaknya sangat berpengaruh terhadap kesembuhan anaknya,” tuturnya.

“Kami Satgas Yonif Raider 408/Sbh akan selalu cepat merespon dan membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan, karena kami ditugaskan di perbatasan ini salah satunya untuk mengatasi kesulitan masyarakat di perbatasan, “ tegas Joni.

Setelah selesai tranfusi dan terpenuhi kebutuhan darah untuk Geni, Karolina mengucapakan terima kasih kepada anggota Satgas Pamtas Yonif R 408/Sbh yang dengan sigap membantunya.

“Saya ucapkan terima kasih kepada bapak-bapak TNI dari Satgas Yonif Raider 408/Sbh atas bantuan yang diberikan kepada anak saya. Semoga darah yang diberikan oleh bapak-bapak TNI ini dapat mempercepat proses penyembuhan anak saya,” ungkap Karolina.dispenad/linda.

Leave a Reply