Cegah Penyebaran Covid-19, Lantamal lll Test Swab Pasar Pedongkelan

Home, Matra

Jakarta, inspiras1nusantara, Pangkalan Utama AL (Lantamal) lll Jakarta ikut berperan mencegah kian meluasnya penyebaran virus Covid-19, bersama Dinas Kesehatan Jakarta Utara Kotama TNI AL ini melakukan test Swab di pasar Pedongkelan, perumahan Kodamar lll, Kelapa Gading, Jakarta. Sekitar 200 orang pedang dan pembeli di pasar tersebut antusias ikut test kesehatan yang digelar secara gratis.

Komandan Lantamal lll Brigjen TNI (Mar) Hermanto S.E., M.M. mengatakan, kegiatan ini merupakan program Kasal yang ditindaklanjuti Lantamal Ill guna mencegah penyebaran Covid-19 terutama dilingkungan perumahan.

Menurut, kenapa dipilih pasar untuk melakukan test Swab, karena pasar merupakan tempat berkumpul antara penjual dan pembeli yang datang dari berbagai tempat. Dipilihlah pasar Pedongkelan yang ada di area perumahan TNI AL, komplek Kodamar lll, Jakarta.

Komandan Lantamal lll berkordinasi dengan Kepala Puskesmas Kelapa Gading saat test Swab di pasar Pedongkelan, Kodamar lll, Jakarta.foto:linda herawati.

“Kasal sangat konsern dengan masalah covid ini, dan memastikan bahwa perumahan TNI AL tidak menjadi cluster atau penyumbang penyebaran covid-19 ini. Kita tahu bahwa pasar adalah salah satu tempat penyebaran covid, dan pasar sebagai tempat pertemuan orang dari berbagai lokasi. Maka itu kami pilih pasar Pedongkelan sebagai lokasi test Swab bekerjasama dengan Dinas kesehatan”, ungkapnya.

Dari pengamatan inspiras1nusantara, baik penjual maupun pembeli punya kesadaran tinggi guna menekan jumlah orang yang positif terkena covid-19. Mereka antusias mengantri menunggu giliran dilakukan test Swab, meski hasil test belum bisa diketahui hari itu juga namun mereka rela meluangkan waktu menunggu giliran dilakukan pemeriksaan.

Beberapa pedagang yang ditemui, mengaku tegang saat dirinya diperiksa tim medis. apalagi saat alat test masuk ke lubang hidung mereka, rasa tegang makin menjadi namun demi kesehatan dan cegah penyebaran virus rasa tegang itu mampu mereka atasi.

Hal itu pun ditegaskan Danlantamal lll, yang mengatakan, hasil test Swab baru bisa diketahui hasilnya 2-2-3 hari kedepan. Ia pun senang melihat pedagang dan pembeli mengikuti anjurannya, bahkan mereka antusias serta koperatif saat mengikuti arahan yang dilakukan prajurit Lantamal lll maupun petugas Dinas Kesehatan Jakarta Utara.

Sementara Kepala Puskesmas Kelapa Gading, dr Diah Angreni mengatakan, test Swab ini memang dilakukan pada orang yang punya potensi terkena virus covid-19, seperti di lingkungan pasar atau tempat keramaian lainnya.

Menurut, pihak Dinas Kesehatan melalui Puskesmas Kelapa gading sudah dan akan terus melakukan tes swab dilingkungan yang ada potensi penyebaran Covid-19. Usai melakukan tes di pasar Pedongkelan, ia bersama 15 orang timnya bakal mendatangi beberapa pasar lagi di Kecamatan Kelapa Gading. Di hari sebelumnya mereka sudah melakukan tes di lingkungan RT di kecamatan yang sama.

Diharapkan dari hasil test itu tak ada satupun penjual dan pembeli yang terkena virus covid-19 dan menunjukan keberhasilan semua pihak dalam mencegah penyebaran covid-19 senhingga Indonesia dinyatakan bebas dari pandemi covid-19.linda.

Leave a Reply