Butuh 12 Jam Rehat untuk Kembali Menyelam

Gaya Hidup, Home

Jakarta, inspiras1nusantara, Jatuhnya pesawat Lion Air di perairan Tanjung Karawang dalam pencariannya membutuhkan banyak penyelam. Penyelam pun tak diijinkan jika sudah 1 jam di kedalaman air kembali menyelam dalam jedah waktu kurang dari 5 jam. Dansat Kopaska mengatakan, jika sudah sekali menyelam, penyelam harus rehat 12 jam baru boleh kembali menyelam.

Hal itu diungkap, Dansat Kopaska Koarmada I, Kol. Laut (P) Johan Wahyudi yang mengatakan, penyelam jika ingin kembali menyelam, ia harus istirahat paling tidak 12 jam. Hal itu, agar hal-hal tidak diinginkan terjafi pada si penyelam.

“Tapi bukan tidak bisa kembali menyelam setelah tiga jam istirahat, asalkan ia melakukan dekompresi di kedalaman tertentu. Penyelam tak boleh langsung ke permukaan, jika menyelam di kedalaman 35 meter, di kedalaman 17 meter berhenti sejenak, lalu di kedalaman 3 meter dari permukaan juga berhenti sekitar 1 menit lalu muncul ke permukaan”, ujarnya.

Tim penyelam menuju titik penyelaman yang ditenggarai lokasi bodi pesawat.foto:linda herawati.

Ia menjelaskan, misalkan dalam kondisi sangat dibutuhkan, untuk melakukan penyelaman kembali ia harus masuk ke dalam chamber guna mengeluarkan nitrogen dalam darah dalam bentuk keringat. Jika penyelam ingin kembali menyelam, masuk lagi ke chamber lebih kurang satu jam.

Terkait relawan penyelam yang gugur, menurutnya korban merupakan penyelam profesional dan sudah memiliki “jam terbang” penyelaman. Saat menyelam pun ia sudah sesuai prosedur. Lalu kenapa ia gugur, hal itu harus dilihat aktifitasnya, riwayat kesehatannya, kondisi tubuhnya sebelum menyelam fit atau tidak.

Menyelam memang menyenangkan, namun kita pun harus tahu prosedur dan memahami diri sendiri fit atau tidak untuk menyelam. Semoga, penyelam-penyelam yang tergabung dalam tim SAR pencarian Lion Air diberi kesehatan dan keselamatan hingga apa yang dicari berhasil ditemukan.linda.

Leave a Reply