Bodi Pesawat Ditemukan, Kondisi Rapuh

Home, Nasional

Jakarta, inspiras1nusantara, Posisi bodi pesawat Lion Air ditemukan sekitar 7,5 mil dari Tanjung Karawang namun dalam keadaan rapuh. Pangkoarmada I mengatakan, jika diangkat ke permukaan dikhawatirkan hancur, karena itu tim tengah membahas bagaimana menarik bodi tersebut ke permukaan.

Hal itu diungkap Laksda TNI Yudo Margono di atas KRI Rigel saat memimpin prajurit AL yang tergabung dalam tim SAR pencarian pesawat Lion Air. Menurutnya, selain bodi di sana juga dijumpai roda pesawat, sayap berikut mesin, turbin, dan serpihan pesawat yang tersebar dalam radius 50 meter dari titik bodi pesawat.

“Ini semacam barang-barang yang sudah hancur tapi posisinya masih sekitar di atas perairan kapal ini. Tapi sudah terdeteksi baik dari sonar KRI maupun secara real dari penyelam memang ngumpul disitu”, tandasnya.

Prajurit TNI AL angkat turbin Lion Air.foto:linda herawati.

Menurutnya, kondisi serpihan tersebut berada antara 1 – 2 meter dari permukaan air, sementara mengenai bodi pesawat diangkat atau tidak tergantung keputusan Basarnas. “Yang jelas penyelam kita sudah menemukan itu semua”, tambahnya.

Sementara mengenai kondisi cuaca, ia mengatakan, saat penyelaman hingga saat ini kondisi cuaca cukup baik, memudahkan tim penyelam menuju titik yang diduga lokasi bodi pesawat berada. Sementara mengenai satu bagian lagi dari kotak hitam masih terus ditelusuri keberadaannya. Semoga atad kerja keras tim SAR apa yang masih dicari bisa ditemukan.linda.

Leave a Reply