Beri Rasa Nyaman Berlebaran, TNI AL Adakan Mudik Bareng

Home, Matra

Jakarta, inspiras1nusantara, Kepala Staf Angkatan Laut melepas prajuritnya guna merayakan Idul Fitri bersama keluarga dan kerabat di kampung halaman masing-masing. Untuk itu, Mabesal bekerjasama dengan tiga bank nasional menggelar “Mudik Bareng” melalui jalur darat.

Laksamana TNI Siwi Sukma Adji mengatakan, mudik bareng ini adalah program kepedulian sosial, dimana Angkatan Laut peduli dengan prajurit dan keluarga besar TNI AL. Dan program ini juga untuk mencegah kecelakaan lalu lintas yang lebih banyak dialami pemudik berkendaraan roda dua.

“Kita tahu lah ada juga prajurit kita yang pulang menggunakan motor, dengan mudik bersama ini untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan.Tahun-tahun lalu banyak kecelakan yang menimpa pemudik bermotor, karena itu kita memfasilitasi”, pungkasnya.

Adapun prajurit yang ikut program Mudik Bareng tersebut, tercatat ada 3.693 dari berbagai Kotama dan satuan yang ada Ibukota. Keberangkatan mereka menggunakan sekitar 69 bus yang menuju kota-kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Menurut Kasal, program ini untuk memberikan rasa aman dan nyaman pulang ber-Lebaran, bertemu dengan keluarga dengan tidak pulang sendiri-sendiri tapi bersama dalam satu rombongan.

“Saya selaku Kepala Staf melakukan hal ini dalam rangka untuk memberikan rasa aman dan nyaman bertemu keluarganya di daerah masing-masing”, ujarnya.

Sementara selaku institusi, TNI AL juga menyiagakan armada kapalnya untuk mengangkut pemudik yang melewati jalur laut. Ada beberapa KRI telah stand by di dermaga Kolinlamil siap membawa pemudik, jika pihak Dirjen Perhubungan Laut memerlukan angkutan.

“Kita siapkan, tergantung kebutuhannya jika Dirjen Perhubungan Laut membutuhkan kita siap. Saat ini kita siapkan ada empat di Kolinlamil, bila dianggap kurang ya kita siapkan lagi”, ungkapnya mengakhiri keterangannya pada media.linda.

Leave a Reply