Batan Siap Bangun Reaktor Nuklir Skala Mini

Home, Nasional

Jakarta, inspiras1nusantara, Badan Tenaga Atom Nasional (Batan) siap bangun PLTN (pembangkit listrik tenaga nuklir) sebagai pembuktikan bahwa Indonesia mampu membangun dan sanggup mengoperasikan reaktor nuklir.

Taswanda Taryo CEO PMO pembangunan RDE mengatakan, Presiden sudah menginginkan pembangunan reaktor daya laboratorium segera dilaksanakan. Menurutnya, ungkapan Presiden mengenai hal itu menguatkan pihaknya dengan PLTN yang dimulai dengan membangun reaktor daya skala kecil.

Pembangunan reaktor nuklir berskala kecil itu, sebagai bentuk pembuktian bahwa kita mampu membangun dan mengoperasikan PLTN meski skalanya mini. Karena selama ini masih ada pihak yang meragukan kemampuan anak bangsa membangun dan memanfaatkan nuklir untuk energi.

“Presiden setuju dengan reaktor daya laboratorium. Kedua pembangunan PLTN di negara manapun selalu ada kaitannya dengan politik, maka harus hati-hati. Karena itu Presiden meminta roadmap pembangunan PLTN’, kilahnya.

Nantinya reaktor daya itu akan dibangun di kawasan Puspitek Serpong, dengan kapasitas daya sebesar 3,5 megawatt. Dan tahun depan dimulai pembangunannya, saat tengah disiapkan kerangka acuan pembangunan reaktor tersebut.

“Kita desain di Puspitek, dari segi amdal kita juga sdh oke, kita juga nggak kwatir dengan lingkungan. Namun tidak boleh dikomersilkan, sementara pihak Pemda Tangerang Selatan sendiri sudah meminta daya yang akan dihasilkan”., tandasnya.

Mengenai negara mana yang akan diajak kerjasama dalam pembangunan tersebut, nantinya oleh pemerintah akan dilakukan pelelangan siapa yang keluar sebagai pemenang itulah yang menjadi mitra. Tapi selama ini pihak pemerintah melalui Batan telah bekerjasama dengan Rusia dan china, sementara Jepang, Korea, Afrika Selatan, Inggris dan AS masih penjajakan.linda.

Leave a Reply