Bahas Capaian Kinerja, Bakamla Hadiri Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi I DPR

Megapolitan

Jakarta, inspiras1nusantara, Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M., menghadiri Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi I DPR RI untuk membahas tentang Laporan Realisasi Anggara 2019 dan 2020 serta Capaian Kinerja 2020. RDP dilaksanakan di Ruang Rapat Komisi I DPR RI Lt. 2 Gedung Nusantara II, Jl. Jenderal Gatot Subroto, Senayan, Jakarta.

Rapat dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi I DPR RI Utut Adianto yang dihadiri anggota DPR dari 9 Fraksi. Turut hadir lembaga mitra kerja Komisi I DPR RI lainnya antara lain Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) RI, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dan Dewan Ketahanan Nasional (Wantanas).

Laksdya TNI Aan Kurnia dalam paparannya menyampaikan bahwa realisasi anggaran tahun 2019 tercapai dengan baik, ditandai dengan presentase realisasi sebesar 94,80%, sedangkan anggaran tahun 2020 sampai dengan bulan agustus relatif cukup baik.

Bakamla RI ditahun 2020 ini berkomitmen untuk mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari tahun sebelumnya dengan beberapa upaya yang saat ini sedang dilaksanakan baik eksternal maupun internal. “Upaya tersebut antara lain, bekerja sama dengan BPKP dalam penyelesaian temuan BPK RI dan pendampingan kegiatan tahun berjalan, meningkatkan koordinasi dengan BPK RI, KPK, Kemenkeu dan LKPP, bersama BPKP membentuk Gugus Tugas dalam penyelesaian tindak lanjut temuan BPK RI, mencanangkan dan memberikan instruksi kepada seluruh jajaran agar melaksanakan perbaikan menuju WTP melalui banner di lingkungan Bakamla RI, wajib melaporkan progress periodik mingguan terhadap tindak lanjut temuan BPK RI, dan beberapa upaya lainnya,” jelas Laksdya TNI Aan Kurnia.

Disampaikan pula bahwa capaian kinerja Bakamla RI tahun 2020 yang telah terlaksana diantaranya pembentukan Indonesia Maritime Information Center (IMIC), peluncuran buku panduan Covid-19 di laut, Peningkatan Hasil Operasi dan kerja sama Luar Negeri, Pembentukan Relawan Penjaga Laut Nusantara (Rapala), Bakamla RI usir China Coast Guard dari perairan Natuna Utara, Bakamla RI berhasil amankan pekerja Imigran Gelap Indonesia di Batam dan Pelaksanaan Operasi Cegah Tangkal kerja sama Kemensos dan BNPB.

“Tekad dan komitmen keluarga besar Bakamla RI sebagai Indonesia Coast Guard, terus berjuang memberikan yang terbaik untuk kepentingan bangsa dan guarding the sea for our future,” tandas Laksdya TNI Aan Kurnia mengakhiri paparannya.

Turut mendampingi Kepala Bakamla RI, Sestama Bakama Laksda Bakamla S. Irawan, M.M., Deputi Jakstra Laksda Bakamla Tatit E. Witjaksono, S.E., M.Tr (Han), Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi Laksma Bakamla Hanarko Djodi Pamungkas, Kepala Bagian Perencanaan Kolonel Bakamla Agus Supriadi, S.E., dan Kepala Subdirektorat Data Kolonel Bakamla Ferry Johansyah, S.T.humas/linda.

Leave a Reply