Armabar dapat Tambahan Tiga KRI, Pangarmabar: Bisa Lebih Jalankan Tugas Pokok

Home, Matra

Jakarta, inspiras1nusantara, Komando Armada Barat (Koarmabar) dapat tambahan kekuatan, tiga KRI dengan peralatan tempur canggih siap amankan wilayah perairan barat Indonesia. Menurut Pangarmabar, semoga dengan kehadiran tiga KRI ini, Koarmabar bisa lebih menjalankan fungsi dan tugas pokoknya menjaga kedaulatan NKRI dan hukum di perairan wilayah barat Indonesia.

Demikian diungkap Pangarmabar, Laksda TNI Yudo Margono usai upacara penyambutan dua KRi Bung Tomo dan Jhon Lee, di dermaga Pondok Dayung, Jakarta. Menurutnya, hari ini merupakan hari bersejarah bagi prajurit Koarmabar, dimana pihaknya dapat tambahan kekuatan tiga KRI. Dua KRI sudah bersandar di dermaga Armabar, satu KRI lagi masih menjalankan misi Unifil di Lebanon.

“Ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi prajurit koamabar yang diberi kepercayaan untuk membina dua KRI ini. Semoga dengan kehadiran dua kapal ini, Koarmabar bisa lebih menjalankan fungsi dan tugas pokoknya”, tandasnya.

Pangarmabar Laksda TNI Yudo Margono kalungkan bunga ke Komandan KRI.(foto: linda herawati)

Dikatakan, dengan intensitas kerawanan wilayah barat, pihaknya perlu kapal-kapal yang memiliki kemampuan mumpuni. Dan dua KRI itu mempunyai peralatan anti permukaan, anti udara maupun anti kapal selam..

Menurutnya.kapal-kapal tersebut akan dioperasikan di wilayah- wilayah yang tingkat kerawanannya tinggi, yaitudi perbatasan. Seperti di perairan Natuna dan sebelah barat Sumatera.

“Kondisi kerawanan wilayah barat selama ini masih kondusif meski ada pelanggaran-pwlanggaran hukum, dan ini masih jadi perhatian kita. Seperti kemarin penyelundupan atau memasukan barang ilegal di Sabang 3 hari lalu, kiita tangkap kapal buruan interpol”, ungkapnya menjawab pertanyaan media.

Ia mengatakan. yang menjadi perhatian dirinya selaku Panglima Armada Barat, adalah wilayah perbatasan dengan negara lain. Karena di wilayah itu kerap ditemui penyelundupan, bahkan pelanggaran batas wilayah oleh kapal asing atau pesawat di perbatasan wilayah angkasa. “Ancaman yang berada di perbatasan negara lain ini yang menjadi perhatian kita”, tandasnya.

Dengan penambahan kekuatan itu, Koarmabar memastikan mampu menjaga kedaulatan negara di wilayah perairan. Karena bukan hanya dua kapal itu yang beroperasi tapi masih ada puluhan KRI yang siap menjaga keutuhan wilayah NKRI. Keseluruhan kapal akan ditempatkan menyebar ke seluruh teritorial Armabar, mulai dari perairan Cirebon, Sabang hingga perairan Pontianak.linda.

Leave a Reply