Ancaman Virus Corona, TNI AU Siap Evakuasi Warga Indonesia di Wuhan

Matra, Nasional

Jakarta, inspiras1nusantara, Kepala Staf Angkatan Udara menyatakan pihaknya siap menjemput warga Indonesia yang masih terisolir di kota Wuhan akibat menyebarnya virus Corona. Saat rencana evakuasi tersebut masih mempertimbangkan hal teknis dan operasional.

Hal itu diungkap Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna, saat membuka Rapim TNI Angkatan Udara, di Halim, Jakarta. Menurutnya, negara-negara lain seperti Amerika dan Jepang menggunakan pesawat carter, ini juga bahan pertimbangan. lalu ditegaskan, apabila pemerintah memerintahkan TNI dan TNI AU siap menyiapkan alutsista untuk menjemput saudara kita yang ada di Wuhan, China.

Kasau Buka Rapim TNI AU, di Halim, Jakarta.foto:linda herawati.

“TNI AU yang jelas menyiapkan dua Boeing dan satu Hercules jika bertambah sesuai perintah Panglima kita akan siapkan, lalu meyiapkan personel dari Batalyon Kesehatan. Dan pelaksanaannya tergantung stakeholder yang lain, ada Kemenkes, dan Kemenlu”, tegasnya.

Sementara itu terkait Rapim TNI AU, Kasau mengatakan, tahun ini kita fokus dalam pengadaan barang khusus Matra udara dan menyamakan persepsi antar Panglima, Komandan, Gubernur hingga Satuan terbawah. Dan mulai tahun ini kita akan selesaikan Renstra Ke-empat.

Selain itu, TNI AU juga melakukan pembinaan program-program operasi yang dilaksanakan Mabes TNI, dan sesuai petunjuk Panglima apa saja yang harus kita lakukan di tahun ini dan kajian apa saja yang kita lakukan di tahun sebelumnya.

“Kami juga akan mengefektifkan anggaran yang ada, anggaran TNI termasuk TNI AU naik secara signifikan jika tidak dikelola dengan baik tidak akan ada artinya. Panglima sudah menegaskan anggaran dikelola sebaik-baiknya, anggaran TNI AU digunakan untuk menjawab ancaman kedepan”, pungkasnya.

Menurutnya, alutsista organisasinya masih jauh dari ideal, diperlukan iIntegritas, profesionalisme dan cara berfikir out-ouf-the-box.Sehingga tantangan tugas dan segala keterbatasan dapat kita atasi dengan sebaik-baiknya.linda.

Leave a Reply