Akuarium Jellyfish Diperluas, Seaworld Tambah Koleksi Ubur-ubur

Gaya Hidup, Home

Jakarta, inspiras1nusantara, Seaworld Taman Impian Jaya Ancol memperluas wahana Jellyfish (ubur-ubur) untuk lebih memberikan pengalaman dan pengetahuan menjelajah dunia laut nan menakjubkan. Pengelola Seaworld mengatakan, tujuannya agar pengunjung lebih kaya pengalaman, dan sebagai wahana pendidikan, konservasi dan rekreasi.

Demikian menurut, Rika Sudranto VP SeaWorld Ancol, Jakarta, saat membuka wahana tersebut, secara kebetulan ketika wahana itu diperkenalkan ada rombongan pelajar Sekolah Dasar yang tengah berkunjung ke lokasi wisata itu.
Lebih lanjut dikatakan, meski wahana Jellyfish tergolong baru di sana, tapi ia tak kawatir kalah pamor dengan kompetitor lain yang juga berada di Jakarta. Pasalnya, Seaworld memiliki akuarium besar yang tak dimiliki pesaing mereka, dan kedua koleksi di Seaworld lengkap biota lautnya.

“Ubur-ubur tidak ada interaksi dengan pengunjung karena semua ubur-ubur menyengat, hanya ada empat yang tidak menyengat di Indonesia. Ada dua pulau dan dua danau lokasi ubur-ubur tak menyengat itu, karena itu kami dekatkan ke sini”, ujarnya.

Dikatakan, spesies ubur-ubur yang ditampilkan beragam, mulai dari jenis blubber, spotted, upside down, sea nettle hingga spesies terbaru lagi unik, moon jellyfish. Ubur-ubur itu membiaskan cahaya warna-warni dari dalam akuarium khusus.

Ubu-ubur cantik “Spotted Jellyfish” di akuarium Seaworld Ancol. foto:linda herawati.

Akuarium tampilan yang istimewa yang memiliki sistem yang berbeda dari akuarium pada umumnya, yaitu jenis akuarium Kriesel, semi kriesel dan silinder yang memiliki arus air berputar sehingga ubur-ubur tidak terjebak pada sudut akuarium dan tetap berenang.

Sea World merencanakan pada tahun 2019 untuk membudidayakan ubur-ubur dari beberapa spesies secara mandiri, ini merupakan upaya Sea World untuk tetap menjaga kelestarian biota, karena Ancol sebagai salah satu Lembaga Konservasi memiliki kemampuan untuk melakukan upaya pelestarian tersebut, ucap Rika Sudranto, VP Sea World Ancol.

Selain itu, dalam menyambut libur Natal dan Tahun Baru, pengunjung bakal dihibur dengan tarian jellyfish dimana pemainnya adalah pelajar SD dengan kostum unik berpendar cahaya warna warni. Jellyfish Sphere menerapkan konsep glowing in the dark, dindingnya dibuat berbagai lukisan ubur-ubur yang menyala dalam gelap, bagus untuk spot foto.Ada pula acara melukis kaos dengan tema ubur-ubur menggunakan tinta yang menyala dalam gelap.

Keunikan ornamen dekorasi Jellyfish Sphere dipasangnya berbagai dekorasi ubur-ubur dari botol plastik bekas yang dihasilkan dari sampah dilingkungan Sea World Ancol.Hal ini dilakukan sebagai upaya membangun rasa kesadaran masyarakat untuk perduli dan mau memperhatikan serta mencegah mengurangi pemakaian berbagai kemasan plastik yang secara berlebihan.

Sea World Ancol juga menghadirkan akuarium bertema polusi sampah plastik dilaut untuk memulai kampanye kurangi penggunaan kemasan plastik di awal tahun 2019. Kesadaran yang coba dibangkitkan karena sering kali biota laut seperti ikan dan penyu mengira plastik sebagai ubur-ubur, sehingga termakan dan mengakibatkan kematian.

Tiga hari menjelang Natal, Seaworld mempersembahkan Scuba Santa dan King of The Sea di akurium utama. Atraksi itu menjadi penampilan khusus para penyelam Seaworld untuk para pengunjung yang menikmati liburan di sana. Bagi pengunjung yang ingin menikmati wahana-wahana baru di Sea World Ancol dan Ocean Dream Samudra bisa membeli tiket bundling seharga 160 ribu untuk weekday dan 200 ribu untuk weekend sampai 31 Januari 2019. Namun khusus tanggal 15 Desember 2018 – 13 Januari 2019 berlaku harga weekend.linda.

Leave a Reply