AAL Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Matra

Surabaya, inspiras1nusantara, Gubernur Akademi Angkatan Laut (Gubernur AAL) Laksamana Muda TNI Edi Sucipto, S.E., M.M. bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) pada pelaksanaan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di lapangan Banda Akademi Angkatan Laut, Bumimoro, Surabaya.

Upacara diikuti seluruh prajurit, PNS dan Taruna AAL tingkat I, II, III dan IV, yang dibagi dalam satuan-satuan setingkat kompi sebagai pasukan upacara. Hadir dalam upacara ini segenap pejabat utama AAL.

Upacara yang mengangkat tema “Kita Indonesia, Kita Pancasila” ini diawali dengan pengibaran bendera Sang Merah Putih tepat pada pukul 08.00 Wib dilanjutkan Mengheningkan Cipta, Pembacaan Teks Pancasila oleh Irup diikuti seluruh peserta upacara, Pembacaan Keputusan Presiden RI Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila serta pembacaan Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Adapun isi dari Keputusan Presiden RI Nomor 24 Tahun 2016 adalah menetapkan tanggal 1 Juni 1945 sebagai hari lahir Pancasila, tanggal 1 Juni merupakan hari libur nasional dan pemerintah bersama seluruh komponen bangsa dan masyarakat Indonesia memperingati Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni.

Pada upacara tersebut, Gubernur AAL Laksamana Muda TNI Edi Sucipto, S.E., M.M. membacakan sambutan Plt. Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indoensia (Plt. Kepala BPIP RI) Hariyono yang mengatakan bahwa Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia, walaupun kita sebagai bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai Pancasila, kita akui bahwa eksistensi keIndonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila.

“Melalui peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni 2019, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi “politik harapan” dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, kita semua harus terus-menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara”, kata Plt. Kepala BPIP RI Hariyono dalam sambutannya.penaal/linda.

Leave a Reply