33 Ribu Prajurit Kostrad Siap Back Up Polri Amankan Pemilu Serentak

Home, Matra

Jakarta, inspiras1nusantara, Tiga Divisi Kostrad siap amankan jalannya Pemilu Legislatif dan Pemilihan Presiden. Pangkostrad mengatakan, Kostrad sebagai pasukan yang disiapkan dan disiagakan siap mem-back up Kepolisian, 33 ribu pasukan Kostrad yang berada di Divisi I, Divisi II, dan Divisi III siap kapanpun jika diminta membantu Kepolisian.

Demikian diungkap Panglima Kostrad, Letjen TNI Besar Harto Karyawan, SH, M. Tr (Han) seusai membuka bazar murah HUT Ke-58 Kostrad, di Mako Kostrad, Jakarta. Menurutnya, untuk antispasi di wilayah, Satuan-Satuan Kostrad di wilayah menyikapi perkembangan di wilayah masing-masing. Kostrad mengatisipasi apabila terjadi trouble spot di seluruh wilayah NKRI.

“Kostrad mengantisipasi, ini kita siagakan seluruhnya dimana Divisi di wilayah barat, Divisi II wilayah tengah, dan Divisi III di timur. Inilah kesiagaan Kostrad, dan kita juga menginginkan pesta demokrasi berjalan aman, damai, dan siapapun yang terpilih adalah yang terbaik”, tandasnya.

Sementara menanggapi wilayah mana yang menjadi konsentrasi Kostrad, menurutnya, Jakarta sebagai ibukota dan pusat pemerintahan menjadi perhatian khusus. Selain itu, kota-kota besar juga menjadi fokus kesiagaan prajurit Kostrad. Dan dirinya yakin pemilu serentak yang akan diadakan April nanti bakal berjalan lancar dan aman.

Prajurit Kostrad manfaatkan bazar, belanja sembilan bahan pokok.foto:linda herawati.

Sebagai seorang prajurit, Pangkostrad tak begitu yakin bila ada pihak-pihak yang ingin memanfaatkan situasi di tahun politik ini. “Kalau ada pihak yang akan mengadu domba, saya kira kecil kemungkinannya, karena rakyat saat ini sudah cerdas, dan kita berupaya agar hal itu tidak terjadi. Dan saya harapkan hal itu tidak terjadi”, ujarnya.

Seberapa siap prajurit Kostrad mem-back up Polri, dengan tegas Pangkostrad mengatakan, 100 persen siap bahkan 110 persen personel Kostrad siap mengamankan pemilu serentak. Bahkan, saat ini saja ada prajurit Kostrad yang ikut membantu mengatasi kebakaran hutan di Pekanbaru, Riau. Ia kembali menegaskan, “kapanpun diminta mem-back up Polri kami siap”, tuturnya.

Sementara bazar murah yang digelar merupakan rangkaian kegiatan Hari Jadi Kostrad, sebelumnya Mako Kostrad menggelar aksi donor darah, dan beranjangsana ke sesepuh Kostrad. Kegiatan tersebut juga dilakukan di Kesatuan-Kesatuan di wilayah.linda.

Leave a Reply